5 Perawatan Mandiri sebelum Menyewa Jasa Service dan Cuci AC

Banyak orang yang bilang jika saat kemudahan yang diperoleh dari perkembangan teknologi telah membentuk generasi instan dan mulai jarang ditemui generasi do it yourself. Hal ini memang tidak sepenuhnya salah, contohnya saat ingin cuci AC. Padahal, beberapa perawatan mandiri berikut bisa dilakukan sebelum menyewa penyedia jasa service dan mencuci AC.

1. Bersihkan Filter AC
Perawatan ini cukup mudah Anda lakukan dan cukup dilakukan 1 kali dalam waktu 1-2 pekan. Jangan sampai menunggu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk membersihkan saringan udara AC Anda. Mengingat fungsinya sebagai penyaring debu, maka selanjutnya menjadi tugas Anda untuk membersihkannya.

Jika tidak, maka debu dan kotoran akan melekat kuat dan menyumbat permukaan evaporator. Kemudian, akhirnya menempel pula pada kipas pendingin sehingga pekerjaan AC dalam emndinginkan ruangan akan semakin berat dan mudah rusak. Gunakan vacuum cleaner, kemonceng, atau lap basah untuk membersihkannya.

2. Bersihkan Kumparan Evaporator
Untuk menjaga kinerja evaporator, sebaiknya alat pembersih yang digunakan bukan lap basah, tapi vacuum cleaner portabel. Selain itu, perlu kehati-hatian saat membersihkan evaporator ini agar tidak menekan bagian siripnya. Cara membersihkannya yaitu dengan mengarahkan vacuum cleaner ke arah evaporator.

Selanjutnya, gerakkan ke semua arah secara bolak-balik agar setiap celahnya bersih maksimal dari semua jenis kotoran dan debu. Jangan lupa untuk menyediakan alas di bawah AC yang sedang dirawat dan dibersihkan. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan lantai dan dinding dari kotoran yang menetes selam pembersihan atau cuci AC berlangsung.

3. Bersihkan Kipas
Bagian kipas juga tidak luput dari debu dan kotoran sehingga Anda harus membersihkannya secara rutin. Dengan demikian, sirkulasi udara tetap lancar dan kinerjanya maksimal seperti masih baru. Selain itu, Anda bisa memperpanjang usia pemakaiannya karena AC yang terawat dan kipasnya selalu bersih membuatnya awet dan udara yang keluar selalu dingin.

4. Setelan Suhu AC di Atas 200C
Perlu Anda ketahui, saat suhu AC semakin dingin, maka makin berat kerjanya karena makin jauh jaraknya hingga mencapai suhu yang diinginkan. Sebaiknya, hindari menyetel remot pada suhu di bawah 200C, misalnya 170C.  Jika suhu normal ruangan sekitar 250C, maka ada jarak 80C agar suhunya turun menjadi 170C.

Nah, selama ‘perjalanan’ menuju suhu 170C tersebut, mesin AC bekerja terus-menerus. Lagipula, pengaturan suhu ini juga bukan mempercepat pendinginan ruangan tempat AC ini berada, melainkan menentukan target suhu yang ingin dicapai dengan kecepatan konstan.

5. Bersihkan Unit Outdoor
Bagian ini juga jangan Anda lewatkan untuk Anda bersihkan. Tapi sebelumnya, lepas sambungan kabelnya agar tidak ada risiko masih teraliri arus listrik. Anda bisa menyemprotkan air dari botol semprot maupun selang air kecil tanpa harus khawatir akan terkena bagian indoor-nya.

Hal ini dikarenakan sebagian besar AC yang diproduksi saat ini memiliki desain mumpuni. Jadi, ada semacam penyekat yang menghalangi masuknya air ke unit indoor saat unit outdoor dibersihkan. Dengan demikian, kemungkinan untuk air ini berhubungan dengan perangkat listrik bisa dihindari dan beragam kotoran serta debunya bisa dengan mudah dibersihkan.

Nah, jika AC Anda memang sudah waktunya di-service dan dicuci, sebaiknya pilih penyedia jasa profesional seperti Sejasa yang bisa Anda hubungi melalui sejasa.com. Jadi, Anda hanya tinggal order layanan yang dibutuhkan pada form isiannya, misalnya cuci AC, lalu petugasnya akan datang langsung ke rumah Anda sesuai dengan waktu yang telah disepakati.
5 Perawatan Mandiri sebelum Menyewa Jasa Service dan Cuci AC 5 Perawatan Mandiri sebelum Menyewa Jasa Service dan Cuci AC Reviewed by Anak Banua on 06.16 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.