Inilah Cara Menyusui Anak yang Benar untuk Ibu

Memberikan air susu ibu (ASI) kepada bayi mulai baru lahir hingga mereka berusia 2 tahun adalah hal yang penting untuk dilakukan. Kandungan yang ada dalam ASI telah mengandung seluruh kebutuhan gizi yang memang dibutuhkan pada bayi. Bahkan nutrisi tersebut tidak akan ditemukan pada susu formula paling mahal sekalipun, karenanya menerapkan Cara menyusui anak yang benar akan membuat menyusui terasa lebih mudah. Jika anda bisa menerapkan cara menyusui yang benar maka akan timbul rasa nyaman antara ibu dan bayi. Tentunya untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan latihan dan praktik secara berulang-ulang.

Berikut merupakan beberapa hal mengenai cara menyusui anak yang benar sehingga bisa ibu terapkan di rumah.
1. Ibu dan bayi berada dalam kondisi yang nyaman
Saat sedang menyusu, maka cara menyusui anak yang benar yaitu posisi kepala harus lebih tinggi dibandingkan tubuhnya. Hal itu agar bayi lebih mudah menelan ASI karena bisa menyebabkan bayi tersedak. Ibu dapat menyangga kepala bayi dengan tangan maupun mengganjal nya dengan bantal, kemudian letakkan hidung bayi sejajar dengan puting yang akan mendorong bayi untuk membuka mulutnya.

2. Mendekatkan bayi ke payudara
Ketika bayi sudah mulai membuka mulut dan ingin menyusu, maka ibu bisa dekatkan bayi ke payudara. Tunggulah hingga mulut bayi bisa terbuka lebar dengan posisi lidah ke arah bawah. Jika bayi belum melakukan hal tersebut, ibu bisa membimbing dengan dengan menyentuh bagian bawah bibir dengan puting susu ibu.

3. Perlekatan yang benar
Posisi perlekatan terbaik dan merupakan cara menyusui anak yang benar yaitu saat mulut bayi tidak hanya menempel pada puting, namun juga di area bawah puting payudara dengan selebar mungkin. Tanda jika perlekatan sudah baik yaitu ketika ibu tidak merasakan nyeri saat bayi sedang menyusu dan bayi memperoleh ASI yang mencukupi.

4. Membetulkan posisi bayi
Jika ibu merasa nyeri karena belum menerapkan  cara menyusui anak yang benar, sebaiknya lepas perlekatan dengan cara memasukan jari kelingking ke mulut dan letakkan di antara gusinya. Gerakan ini bisa membuatnya berhenti menyusu kemudian Anda bisa menyesuaikan posisi bayi dan coba perlekatan yang lebih baik. Jika perlekatan sudah benar, biasnya bayi dapat menyusu dengan baik dan lancar.

5. Waktu menyusu
Bayi menyusu membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 40 menit, tergantung dengan kebutuhannya. Untuk bayi baru lahir, umumnya perlu disusui setiap 2-3 jam dengan waktu menyusu sekitar 15-20 menit. Umumnya dibutuhkan beberapa waktu untuk melakukan adaptasi ibu dan bayi, sehingga proses menyusui berjalan lancar.

6. Perlengkapan Menyusui
Agar bayi nyaman saat menyusu, maka sebaiknya ibu menggunakan bra khusus menyusui yang memiliki kait pada bagian depan dan dapat dibuka. Hal tersebut bisa menghindari terjadinya sumbatan saluran ASI atau memicu terjadinya peradangan jaringan payudara. Agar tidak terjadi kebocoran ASI, maka ibu dapat menggunakan bantalan payudara yang diselipkan di bagian depan puting. Untuk ibu yang ingin memompa ASI, maka dapat membeli pompa ASI yang nyaman saat digunakan.

Saat ibu akan menyusui maka harus dipastikan bahwa posisi yang dilakukan sudah nyaman dan rileks. Posisikan kepala bayi lebih tinggi dari bagian tubuh untuk menghindari tersedak selama menyusu. Ibu juga bisa membetulkan posisi menyusu jika memang belum sesuai dengan cara menyusui anak yang benar. Dengan begitu maka akan membuat bayi dan ibu tetap nyaman dan tidak terganggu saat proses menyusui berlangsung. Untuk lebih nyaman saat menyusui maka ibu bisa menggunakan perlengkapan yang diperlukan selama menyusui.
Inilah Cara Menyusui Anak yang Benar untuk Ibu Inilah Cara Menyusui Anak yang Benar untuk Ibu Reviewed by Anak Banua on 13.07 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.